Selasa, 09 Agustus 2016

25. Iklan Baris

Iklan baris merupakan bentuk yang paling sederhana sehingga cocok digunakan di negara-negara berkembang. Ciri-cirinya adalah :
· Website yang bersangkutan tidak memfasilitasi kegiatan transaksi online
·  Penjual individual dapat menjual barang kapan saja, dimana saja secara gratis
Contoh iklan baris di Indonesia adalah Tokobagus dan Berniaga yang sekarang tergabung dalam OLX.
Metode transaksi yang paling sering digunakan di situs iklan baris ialah metode cash on delivery atau COD. Situs seperti ini cocok bagi penjual yang hanya ingin menjual sesekali atau barang yang stoknya sedikit. E-Commerce jenis ini mendapat profit dari iklan premium.
Kelebihan iklan baris antara lain :
1. Iklan baris sangat sederhana sehingga mudah dipelajari dan digunakan.
2. Gratis. Penjual dan pembeli tidak perlu membayar apapun
3. Penjual dapat dengan bebas membuat akun dan menjual barang tanpa perlu melakukan verifikasi
4.  Pembeli dapat melihat berbagai macam pilihan barang tanpa perlu membuat akun dan tinggal langsung menghubungi penjual (bila penjual menyediakan nomor kontak yang dapat dihubungi)
5. Pembuat dan pengelola website tidak perlu ikut campur dalam transaksi dan hanya bertugas mengelola tampilan website
Kekurangan iklan baris antara lain :
1. Karena bentuknya yang sederhana, siapa saja dapat membuat model e-commerce seperti ini sehingga akan ada banyak saingan
2. Pengelola website hanya mendapatkan profit dari iklan premium sehingga bila pengunjung website sedikit, maka tidak akan ada yang mau memasang iklan premium

3. Tingkat keamanan website jenis ini sangat rendah dibandingkan model e-commerce lain karena tidak ada kepastian penjual tersebut jujur sehingga rentan terjadi penipuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar